Rechercher dans ce blog

Tuesday, August 29, 2023

Sempat Disetop, Besok Pabrik Toyota Bakal Beroperasi Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menangguhkan operasi di semua pabrik perakitannya di Jepang pada Selasa (29/8/2023) sore waktu setempat, produsen mobil Toyota Motor akan memulai kembali operasi pabrik perakitannya di Jepang besok, Rabu (30/08/2023).

Laporan Reuters, Selasa (29/08/2023), menyebut bahwa Toyota akan melanjutkan operasi di 25 lini produksi dari selusin pabrik di pasar dalam negerinya mulai Rabu pagi dan menambah dua pabrik terakhir mulai sore hari.

Sebelumnya, Toyota mengakui adanya kerusakan pada sistem produksinya, yang menjadi alasan mengapa produksi dalam negeri terhenti. Perusahaan juga mengaku sedang menyelidiki penyebab kerusakan sistem dan meyakinkan hal ini kemungkinan besar bukan karena serangan siber.

Pabrik-pabrik Toyota di Jepang secara keseluruhan menyumbang sekitar sepertiga dari produksi global pembuat mobil tersebut.

Produksi dalam negeri Toyota telah pulih setelah serangkaian pengurangan produksi yang diduga disebabkan oleh kekurangan semikonduktor. Output naik 29% pada Januari-Juni, peningkatan pertama dalam dua tahun.

Produksinya di Jepang rata-rata sekitar 13.500 kendaraan setiap hari pada paruh pertama tahun ini. Jumlah tersebut tidak termasuk kendaraan dari grup pembuat mobil Daihatsu dan Hino.

Operasi dihentikan selama satu hari pada tahun lalu ketika pemasok mengalami serangan siber, sehingga menghambat kemampuan Toyota untuk memesan suku cadang. Toyota kembali beroperasi menggunakan jaringan cadangan.

Para analis mengatakan Toyota dapat diuji untuk mengganti produksi yang hilang selama pemadaman listrik, misalnya dengan menjalankan shift tambahan.

"Output berjalan pada kapasitas penuh sehingga hanya ada sedikit ruang tambahan untuk produksi," kata Seiji Sugiura, analis di Tokai Tokyo Research Institute.

Insiden Selasa juga berdampak besar. Perusahaan grup Toyota Industries mengatakan pihaknya telah menghentikan sebagian operasi di dua pabrik mesin karena kesalahan pembuat mobil.

Toyota sendiri disebut sebagai pionir manajemen inventaris tepat waktu, yang menekan biaya namun menyebabkan gangguan rantai pasokan sehingga produksi berisiko.

Meskipun penyebab kerusakan terbaru ini masih belum jelas, perusahaan-perusahaan Jepang telah waspada dalam beberapa hari terakhir karena banyak perusahaan dan kantor pemerintah melaporkan adanya gangguan panggilan telepon.

Pemerintah mengatakan panggilan tersebut kemungkinan besar berasal dari China dan terkait dengan pelepasan air radioaktif yang telah diolah oleh Jepang dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke Samudera Pasifik.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Thailand Tiba-Tiba Setop Penjualan Toyota Yaris, Kenapa?


(wia)

Adblock test (Why?)


Sempat Disetop, Besok Pabrik Toyota Bakal Beroperasi Lagi - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...