Rechercher dans ce blog

Thursday, August 17, 2023

Jian Ayune Sundul Langit Sempat Pindah dari UGM ke Unpad gegara Namanya - detikJatim

Ponorogo -

Jian Ayune Sundul Langit, nama putri sulung Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko itu menjadi perhatian warganet karena keunikannya. Namun, gegara nama itu juga, anak pertama Giri itu sempat pindah kuliah. Gimana ceritanya?

Bupati Ponorogo menceritakan bahwa sebelum akhirnya berkuliah di Universitas Padjadjaran (Unpad), putrinya yang akrab disapa Jian, itu sempat diterima di Universitas Gajah Mada (UGM).

Ketika namanya tertera dalam daftar mahasiswa baru UGM, dirinya sontak menjadi perhatian. Seketika itulah namanya yang unik jadi perbincangan dan Jian pun menjadi malu.

"Dulu Jian itu daftar di UGM. Terus namanya viral. Dia malu. Akhirnya ambil di Unpad karena kan kebanyakan orang Sunda, nggak ngerti Bahasa Jawa," kata Giri kepada detikJatim, Rabu (16/8/2023)

Sebelumnya, Sugiri mengatakan bahwa nama anaknya berarti cantiknya setinggi langit. Nama itu katanya tidak hanya menggambarkan kecantikan wajah, tetapi juga kecantikan pribadi, dan lebih jauh lagi kecerdasan spiritual.

"Saya ini kan orangnya lugu, ibunya juga lugu dan tidak bisa berpuisi, berprosa. Kami ingin mempersuasikan anak saya cantik. Tidak hanya cantik wajahnya tapi juga cantik moralnya, cantik kecerdasan spiritual, dan kecerdasan yang lain," ujarnya.

Jian Ayune Sundul Langit, putri Bupati Ponorogo saat wisuda.Jian Ayune Sundul Langit, putri Bupati Ponorogo saat wisuda. Foto: Jian Ayune Sundul Langit, putri Bupati Ponorogo saat wisuda. (Foto : Istimewa)

Karena itulah akhirnya mereka berdua memilih nama yang unik dan terkesan tidak ada duanya itu untuk anak sulungnya. Dia jelaskan pula bahwa kecantikan yang sampai menyundul langit itu benar-benar kecantikan yang tiada tara.

"Maka saya kasih nama tinggi, Jian Ayune Sundul Langit. Kan nggak ada lagi selain langit atau mentok," tutur Giri.

Putri Sugiri yang akrab disapa Jian Ayune itu baru saja menyelesaikan pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Padjajaran, Bandung. Giri bersama istri dan kedua putra lainnya pun sempat menghadiri acara wisuda itu di Bandung.

"Sundul Langit itu terinspirasi dari Putri Songgolangit, inginnya tidak hanya cantik di wajah tapi juga perilakunya," terang Giri.

Tidak hanya nama anak pertamanya, Sugiri dan istrinya juga memberikan nama kepada anak kedua dan ketiga nama yang cukup unik. Semua terinspirasi dari nama bahasa Jawa.

Anak kedua misalnya, sejak lahir menyandang nama Muhammad Lintang Panuntun Qolbu. Sedangkan anak ketiga Sugiri diberi nama Muhammad Gibran Cahyaning Pengeran.

"Nomer dua itu lintang, meski kecil tapi tinggi dan jadi cahaya penuntun kalbu. Kalau nomer tiga, saya suka baca buku Kahlil Gibran. Namanya saya ambil dari sana. Gibran," kata Giri.

Simak Video "Viral Kerumunan Warga Curi Bawang Dari Truk yang Melintas di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Adblock test (Why?)


Jian Ayune Sundul Langit Sempat Pindah dari UGM ke Unpad gegara Namanya - detikJatim
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...