Rechercher dans ce blog

Friday, June 23, 2023

Awal Sapi di Karanganyar Sempat Batal Dibeli Jokowi Akhirnya Happy Ending - detikNews

Jakarta -

Peternak sapi asal Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Kasno (69), sempat kecewa lantaran sapinya sempat batal dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kini cerita itu berakhir bahagia atau happy ending setelah sapi berjenis peranakan ongole itu akhirnya dibeli Jokowi.

Kasno mulanya menceritakan sudah sejak tahun lalu mengikuti seleksi untuk sapi kurban Jokowi. Pada tahun 2021 lalu, sapinya tidak lolos tes kesehatan.

"Tahun kemarin sudah mau dibeli, tapi ada kendala cacing sehingga batal," kata Kasno seperti dilansir detikJateng, Selasa (20/6/2023).

Asa Kasno kembali muncul tahun ini sebab, sapinya bernama Bima masuk dalam seleksi. Bahkan setelah melalui berbagai tes, sapinya dinyatakan lolos.

Namun tak disangka, sapi jenis PO seberat 810 kilogram itu, gagal dibeli oleh Presiden Jokowi.

"Hari Jumat (16/6) kemarin, saya dikasih tau secara lisan, katanya batal. Mestinya saya merasa kecewa, karena waktunya tinggal beberapa hari saja, kok dibatalkan," ujarnya.

Alasannya, karena sapi untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo itu, kurang berat. Oleh karenanya, sapi itu tak jadi dibeli.

"Alasannya dari Setpres kurang besar, cari yang 1 ton lebih. Saya juga bilang, kriteria sapi saya sudah masuk. Surat pembatalan belum ada, pembatalan baru lisan," ujarnya.

Kasno sudah membeli sapi yang diberi nama Bima itu sejak 5 tahun lalu. Dia mendapatkannya dari peternak di kawasan Prambanan seharga Rp 20 jutaan.

"Jika benar dibatalkan, saya minta surat resminya," pungkasnya.

Kasno Sempat Minta Ganti Rugi

Kasno sebelumnya juga meminta ganti rugi lantaran sapi itu disebutnya mengalami cacat usai menjalani serangkaian pemeriksaan saat hendak dibeli. Kasno mengatakan sapi tersebut sebelumnya kondisinya normal. Namun setelah diperiksa sebagai syarat sapi yang dibeli Presiden Jokowi, ekor Bima menjadi cacat.

"Saya juga mau menuntut, karena sapi saya setelah diambil sampelnya itu ekornya cacat. Tadinya kalau sapi itu buang kotoran bisa langsung bersih, tapi kalau sekarang, untuk bergerak ke kanan-kiri untuk mengusir lalat sudah nggak bisa, bisanya cuma lenggok-lenggok. Untuk ngangkat juga nggak bisa, terus bagaimana ini pertanggungjawaban yang berkepentingan," kata Kasno seperti dilansir detikJateng, Selasa (20/7).

Dia mengatakan, saat diambil sampelnya itu ada petugas yang memegang ekor dan ditarik. Lalu petugas lainnya menyuntikkan jarum beberapa kali.

"Sebelumnya normal. Saya kalau bersihkan itu disabeti terus, sekarang udah nggak bisa gerak," ucapnya.

Baca berita selengkapnya di halaman berikutnya

Adblock test (Why?)


Awal Sapi di Karanganyar Sempat Batal Dibeli Jokowi, Akhirnya Happy Ending - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...