Rechercher dans ce blog

Saturday, May 13, 2023

Sempat Viral Karena Jungkook BTS, Resep Dakgalbi Ayam Tumis Korea yang Ternyata Gampang Banget - Bisa Bikin ... - KapanLagi.com

Kapanlagi.com - K-food seperti K-drama dan juga K-Pop ikut mendunia seiring berjalannya waktu. Tak terkecuali dakgalbi, hidangan populer asal Korea yang dibuat dengan menumis ayam yang telah dimarinasi dalam saus berbahan dasar gochujang dengan aneka sayur seperti ubi jalar, kol, daun perilla, daun bawang, dan tteok, serta bahan lainnya.

Sekarang, menu dakgalbi bisa ditemukan hampir di setiap restoran Korea baik yang ada di negara asalnya maupun di Indonesia. Hidangan ini juga semakin dilirik lantaran beberapa waktu lalu sempat viral berkat Jungkook BTS. Kok bisa?

•

1. Viral Karena Jungkook BTS

Yup, di tahun 2022 lalu, Jungkook BTS melalui postingan Instagram story sempat meminta rekomendasi tempat yang bagus untuk makan dakgalbi. Dalam beberapa menit setelah postingan ini diunggah, pencarian 'dakgalbi' dan 'dakgalbi Seoul' langsung meroket tak hanya di Korea tapi di seluruh dunia.

Bahkan, penelusuran istilah tersebut sempat masuk di Google Trends. So, nggak perlu berlama-lama lagi, ini dia resep dakgalbi versi Chef Baek Jong Won.

2. Resep Dakgalbi

Dakgalbi ala Chef Baek Jong Won cukup mudah dibuat dan bisa dinikmati langsung dari wajan. Untuk memasak hidangan ini dalam porsi untuk dua orang, diperlukan waktu persiapan sekitar 20 menit dan waktu masak 20 menit dengan tambahan waktu marinasi selama 30 menit (opsional).

Ada pun bahan-bahan yang diperlukan adalah 350 gram paha ayam tanpa tulang, 1 ubi jalar kecil, 4-5 ons kubis kecil,1/2 wortel, 2 bawang hijau, 5 ons tteok (sekitar 15-18 potong), 5 lembar daun perilla, 1 sendok makan minyak wijen. Sayuran opsional lainnya seperti kentang juga boleh ditambahkan.

Selanjutnya untuk bahan saus ada 2 sendok makan gochujang/pasta cabai merah, 2 sendok makan gochugaru/bubuk cabai Korea, 2 sendok makan bawang putih cincang, 2 sendok makan gula, 2 sendok makan mirin, 1 sendok makan gula, dan lada hitam sesuai selera.

3. Persiapan Bahan

Lanjut ke persiapan bahan, yang pertama perlu dibuat adalah saus marinasinya. Tambahkan semua bahan saus ke dalam mangkuk kecil dan aduk rata.

Kemudian siapkan ayam, iris menjadi potongan-potongan kecil sekitar 1 inci kemudian masukkan dalam mangkuk berukuran sedang. Campurkan sekitar 2/3 saus dengan ayam lalu sisihkan. Sebaiknya ayam dimarinasi setidaknya selama 30 menit, tetapi langkah ini tidak wajib dilakukan.

Siapkan sayuran dengan mengiris kubis menjadi potongan 1 inci. Iris juga wortel dan ubi. Setelah itu, potong daun bawang dan daun perilla mengikuti lebarnya.

4. Mulai Memasak

Panaskan wajan antilengket dengan api sedang (tanpa minyak). Tambahkan ayam ke dalam wajan. Saat ayam akan menempel di wajan, tambahkan sekitar 2 sendok makan air ke sisi wajan. Tips memasak dari Chef Baek Jong Won, menambahkan sedikit air akan menambah efek merebus ayam.

Tambahkan sayuran dimulai dari yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, seperti ubi jalar dan wortel. Kemudian masukkan kue beras lalu dilanjutkan dengan kubis dan daun bawang. Tuang sisa saus ke dalam wajan dan lanjutkan memasak selama kurang lebih 2 menit.

Pastikan bagian bawahnya tidak gosong ya. Jika mulai terlihat kering, tambahkan 1-2 sendok makan air (tergantung panas wajan). Tutup panci dan masak selama 3 menit lagi kemudian diaduk. Masukkan minyak wijen dan daun perilla lalu aduk lagi.

Setelah ayam matang, dakgalbi sudah bida dinikmati. Jika KLovers memasak dan makan di meja, kecilkan api agar dakgalbi tetap hangat. Selamat mencoba!

Simak Juga Berita Lain yang Nggak Kalah Hot!!!

Adblock test (Why?)


Sempat Viral Karena Jungkook BTS, Resep Dakgalbi Ayam Tumis Korea yang Ternyata Gampang Banget - Bisa Bikin ... - KapanLagi.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...