Rechercher dans ce blog

Thursday, April 20, 2023

Sempat Jeblok, Harga Emas Kembali Terbang Tinggi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia menguat di atas level psikologis US$2.000 per troy ons karena dolar dan imbal hasil Treasury turun setelah data ekonomi AS yang lemah memperkuat kemungkinan jeda kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve.

Pada perdagangan pagi ini, Jumat (21/4/2023) pukul 07.10 WIB harga emas acuan dunia naik 0,7% menjadi US$2.0004 per troy ons setelah mencapai level terendah dua minggu pada perdagangan Rabu.

Klaim pengangguran mingguan AS naik tipis minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja secara bertahap melambat.

Sementara penjualan rumah yang lambat dan aktivitas pabrik yang jauh lebih rendah dari perkiraan di wilayah pertengahan Atlantik.

"Kami melihat bencana Philly Fed dan klaim pengangguran terus meningkat, sehingga ekonomi melemah, beberapa bagian lebih dari yang lain," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Data tersebut mendorong indeks dolar turun 0,2% sementara benchmark Treasury yields juga turun.

"Agar emas dapat kembali ke rekor tertinggi, Anda membutuhkan kenaikan suku bunga bulan Juni sepenuhnya," tambah Moya.

Pasar melihat potensi kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) sebesar 25 basis poin pada pertemuan awal Mei. Menurut jajak pendapat Reuters akan menjadi yang terakhir dan akan tetap stabil untuk sisa tahun 2023.

"Minggu ini ada beberapa pembicaraan Fed yang agresif dari para pembicaranya dan kelanjutan dari narasi itu dapat memberikan dorongan pada greenback, membuat emas terekspos pada sisi negatifnya," tulis analis DailyFX Warren Venketas.

CNBC INDONESIA RESEARCH
[email protected]


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Pekan Penentuan! Harga Emas Bakal Terbang atau Tumbang?


(ras/ras)

Adblock test (Why?)


Sempat Jeblok, Harga Emas Kembali Terbang Tinggi - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...