Rechercher dans ce blog

Friday, March 3, 2023

Cerita Yogi Sempat Kesetrum saat Evakuasi Korban Kebakaran Depo Plumpang - detikNews

Jakarta -

Yogi (35) menjadi salah satu korban selamat dalam kebakaran maut di Depo Pertamina Plumpung, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Dia sempat mengevakuasi warga lainnya saat kebakaran membesar.

Yogi adalah warga RT 04 RW 02, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja. Yogi menceritakan sebelum kebakaran meluas hingga melalap rumah warga, dia sempat mencium bau uap bahan bakar.

"Baunya udah kemana-mana nih bocor, udah nyengat sekali. Kita udah tahu bakalan meledak, baunya udah parah," kata Yogi di lokasi, Sabtu (4/3/2023).

Setelah mencium bau tersebut, Yogi melihat warga berhamburan lari tunggang langgang menyelamatkan diri. Namun saat Yogi lari menyelamatkan diri, ia melihat ibu-ibu lari dengan tubuh terbakar.

"Pas terjadi ledakan saya tiarap, saya lihat udah ngegeletak dua, satu ibu-ibu, itu udah nggak ada gerakan, yang satu tengkurep, yang satu diem aja. (Ibu-ibu alami) luka bakar lebih 80 persen, bajunya aja udah nempel di kulit," ucapnya.

Kondisi Kampung Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, usai kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 4 Maret 2023 dini hari. (Farih MS/detikcom) Foto: Kondisi Kampung Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, usai kebakaran Depo Pertamina Plumpang, 4 Maret 2023 dini hari. (Farih MS/detikcom)

Melihat ibu-ibu tergeletak tak berdaya, Yogi pun berusaha segera mengevakuasinya. Ibu-ibu itu dia tarik dan minta tolong petugas pemadam kebakaran yang sudah berada di lokasi.

Ketika mengevakuasi ibu-ibu itu, kondisi kabel-kabel di tiang listrik sudah putus menjuntai dan kondisi jalanan ada sedikit genangan. Karena itulah, Yogi juga sempat kesetrum.

"Pokoknya 3 orang saya selamatin, saya tarik ke sana, saya kesetrum, saya tarik terus ke sana, baru damkar ngamanin ke sana 3 orang," ujarnya.

detikcom memantau kondisi kampung yang dekat dengan Depo Pertamina Plumpang, yakni RW 1 dan RW 2 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3) pukul 03.45 WIB.

Listrik mati total dan suasana gelap. detikcom melihat kabel-kabel listrik yang putus. Bau gosong masih tercium di sini.

Sepanjang 200 meter, rumah di sini rusak semua, gosong ataupun roboh. Semakin dekat dengan Depo Pertamina, semakin gosong rumah-rumahnya.

Kampung ini menjadi tak berpenghuni, kecuali orang-orang yang datang menengok rumahnya yang gosong. Petugas pemadam kebakaran sudah meninggalkan lokasi.

Api kebakaran Depo Pertamina Plumpang sudah berhasil dipadamkan beberapa menit sebelum pergantian hari. Belasan korban tewas kebakaran Depo Pertamina Plumpang dan puluhan orang luka-luka.

(fas/dek)

Adblock test (Why?)


Cerita Yogi Sempat Kesetrum saat Evakuasi Korban Kebakaran Depo Plumpang - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...