Rechercher dans ce blog

Thursday, January 12, 2023

Penggusuran untuk Sodetan Ciliwung Hari Ini Sempat Terhambat Warga - detikNews

Jakarta -

Sebanyak 59 bangunan ilegal yang berdiri di lokasi proyek Sodetan Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) digusur. Kegiatan itu melibatkan sejumlah pihak, dari Pemprov DKI Jakarta hingga tentara dan polisi.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budy Novian mengatakan penertiban dimulai pada hari ini pukul 07.30 hingga 13.00 WIB. Setidaknya ada 33 KK yang terdampak penggusuran.

"Jadi KK kurang lebih 33," kata Budy saat dihubungi, Kamis (12/1/2023).

Budy menekankan pelaksanaan penertiban hari ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Surat Peringatan 1, 2, dan 3 sudah disampaikan. Surat Peringatan 1 diberikan pada 5 Januari 2023, Surat Peringatan 2 diberikan pada 9 Januari 2023 SP II, dan pada 11 Januari 2023 Surat Peringatan 3 kepada para penghuni bangunan di lokasi tersebut.

Secara keseluruhan, Budy menyampaikan penertiban berjalan lancar. Hanya, pihaknya sempat menemukan sejumlah hambatan karena beberapa warga mengklaim kepemilikan tanah.

"Lancar, hanya ada hambatan sedikit dari yang mengklaim kepemilikan tanah," jelasnya.

Kegiatan hari ini melibatkan sekitar 790 personel gabungan dari berbagai instansi terkait. Serta empat unit alat berat.

"Semua SKPD dilibatkan sesuai dengan tupoksi," jelasnya.

Sekadar informasi, puluhan bangunan itu sebelumnya berdiri di bantaran Kali Ciliwung di Jl IPN Kebon Nanas RT 009 RW 06, Cipinang Besar. Total ada 52 warga yang menghuni bangunan tersebut, 26 di antaranya warga ber-KTP DKI.

Lokasi sodetan sendiri merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah diserahkanterimakan atau Berita Acara Serah Terima (BAST) dari Yayasan Trisakti kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Dalam unggahan Instagram Satpol PP DKI Jakarta, @satpolpp.dki, kegiatan penertiban bangunan ilegal itu melibatkan sejumlah unsur terkait, di antaranya adalah Kementerian PUPR melalui BBWSCC, Kejaksaan Negeri Jakarta Timur hingga TNI-Polri. Sebelum pelaksanaan kegiatan telah dilakukan sosialisasi kepada warga terdampak dan bagi warga ber KTP DKI Jakarta akan direlokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara.

Simak juga video 'Heru Budi Jelaskan soal Kompensasi Normalisasi Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/dnu)

Adblock test (Why?)


Penggusuran untuk Sodetan Ciliwung Hari Ini Sempat Terhambat Warga - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...