Rechercher dans ce blog

Monday, January 9, 2023

Gempa M 7.0 Guncang Vanuatu, Alarm Tsunami Sempat Menyala - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Gempa magnitudo 7.0 terjadi di negara di Samudra Pasifik Selatan, Vanuatu, pada Minggu (8/1) malam. Survei Geologi Amerika Serikat sempat memicu peringatan ancaman tsunami sebelum akhirnya dimatikan beberapa jam kemudian.

Gempa melanda sekitar pukul 23.30 waktu setempat. Pusat gempa berada 23 km dari Pelabuhan Olry di kedalaman 27 km.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga sempat mengeluarkan peringatan tsunami bagi Vanuatu, Kaledonia Baru dan Kepulauan Solomon tetapi dibatalkan sekitar satu setengah jam usai gempa.

"Gelombang tsunami mencapai 0,3 hingga 1 meter di atas permukaan air pasang mungkin terjadi di beberapa pantai Vanuatu," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii, diberitakan AFP.

Vanuatu yang terdiri dari puluhan pulau memiliki populasi sekitar 280 ribu orang. Negara kepulauan ini berada di Ring of Fire, tempat lempeng teknonik bertumbuk yang kerap menimbulkan aktivitas seismik dan vulkanik.

Vanuatu merupakan salah satu negara yang paling rentan bencana alam seperti gempa, kerusakan akibat badai, banjir dan tsunami.

Kepulauan Solomon yang berada di utara Vanuatu sempat dilanda gempa magnitudo 7.0 pada November. Namun tak ada laporan cedera serius atau kerusakan besar.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Gempa M 7.0 Guncang Vanuatu, Alarm Tsunami Sempat Menyala - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...