Rechercher dans ce blog

Monday, January 9, 2023

BMKG Cabut Peringatan Tsunami Maluku, Air Laut Sempat Naik - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkap kenaikan tinggi air laut akibat gempa Magnitudo 7,5 di Maluku Tenggara Barat. Namun kenaikan itu tidak signifikan.

"Berdasarkan observasi 4 tide gauge di sekitar sumber gempa bumi yaitu di Seira, Adaut, Lirang, dan di Larat, tidak menunjukkan adanya anomali atau perubahan tinggi air laut yang signifikan, jadi ada perubahan tapi tidak signifikan," kata Dwikorita mengutip detikcom, Selasa (10/1).

Setelah menunggu dua jam seusai SOP prakiraan datangnya tsunami, BMKG tidak menemukan adanya perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami.

"Kemudian berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengakhiran peringatan dini tsunami kurang lebih dua jam setelah waktu datangnya tsunami, yaitu pengakhiran peringatan dini tsunami bukan dicabut bukan dibatalkan, tetapi diakhiri karena terlihat tetap ada kenaikan muka air laut hanya tidak signifikan," ujarnya.

Dwikorita menuturkan BMKG sempat memprediksi ketinggian air maksimum 62 cm di wilayah Ambon. Namun, tidak ada perubahan yang signifikan.

"Prediksi ketinggian maksimum sekitar 62 cm di Ambon, dan setelah di cek pada tide gauge kenaikan yang ada tidak signifikan, sehingga kami menunggu 2 jam setelah estimasi kedatangan tsunami, setelah estimasi kedatangan itu berlalu, akhirnya memutuskan untuk mengakhiri peringatan dini," ujarnya.

Untuk diketahui, gempa M 7,5 terjadi di Maluku Tenggara Barat pada pukul 00.47 WIB. BMKG lalu mengeluarkan peringatan dini tsunami yang berakhir pukul 03.43 WIB.

Baca berita lengkapnya di sini.

(tim/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


BMKG Cabut Peringatan Tsunami Maluku, Air Laut Sempat Naik - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...