Rechercher dans ce blog

Friday, July 21, 2023

Sempat Pulih, WA Rektor UNS Jamal Wiwoho Dibajak Lagi! - detikJateng

Solo -

Nomor WhatsApp (WA) Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho kembali diretas hacker. Sebelumnya, nomor WA rektor UNS itu sempat pulih dari serangan hacker yang pertama.

Jika sebelumnya pelaku mengirim WA ke kolega meminta uang Rp 2 juta untuk keponakannya, kini WA yang tengah dibajak itu digunakan pelaku untuk mencari korban baru dengan mengirim undangan pernikahan dengan format apk.

detikJateng mencoba menghubungi nomor seluler rektor UNS tersebut, namuan ponsel miliknya itu sedang dibawa oleh Kepala UPT Humas dan Media UNS Deddy Whinata Kardiyanto ke provider.

Menurutnya, nomor WhatsApp Jamal, sempat pulih sebelum kembali kena hack.

"Dulu itu hack yang pertama sempat pulih, ini tadi sore kembali kena hack lagi. Ini baru saya bawa ke provider," katanya dihubungi detikJateng, Jumat (21/7/2023).

Deddy mengatakan untuk serangan hack yang pertama dengan permintaan uang Rp 2 juta itu tidak ada yang mengirimkan uang. Untuk serangan kedua ini, pihaknya belum mengetahui apakah sudah ada korban yang membuka undangan tersebut atau belum

"Sampai yang kemarin belum ada yang mengirim uang, uang modus undangan ini baru tadi sore," ucapnya.

"Nomor WhatsApp aja, tapi yang lainnya aman. Ini ngirim undangan untuk pernikahan model apk, kebetulan saya juga dapat," lanjut Deddy.

Ia mengaku sempat memancing hacker yang mengirimkan undangan pernikahan itu. Dirinya juga sempat mengucapkan terima kasih kepada pengirim.

"Saya WhatsApp terus sama orangnya, saya pancing terus dia bilang kalau mau buka undangan harus diizinkan dulu, lalu saya bilang di screenshot saja, tapi orangnya bilang kalau handphone miliknya tidak bisa di screenshot," ungkapnya.

Sebelumnya, sejak 7 Juli 2023 nomor WA rektor UNS Jamal Wiwoho diretas. Peretas meminta sejumlah uang di nomor WA yang dihubungi.

Berdasarkan informasi yang diterima detikJateng, sejumlah orang dikirimi pesan menggunakan nomor WA Jamal Wiwoho. Dalam pesan tersebut peretas menyebutkan bahwa m-bankingnya rusak padahal dia butuh untuk mentransfer uang kepada keponakannya.

"Boleh nggak saya minta tolong soalnya ini saya kan mau transfer untuk keponakan saya tapi m-banking saya sekarang lagi error terblokir Apakah bisa bantu transfer untuk keponakan saya 2 juta tapi besok pagi saya kembalikan kalau bisa bantu saya kirim nomor rekeningnya," tulis peretas tersebut untuk meminta uang seperti dilihat detikJateng, Jumat (7/7/2023). Peretas mengirim pesan permintaan transfer rekening kepada sejumlah koleganya.

Simak Video "Mahfud Sebut Aspek Pidana Al-Zaytun Segera Diselesaikan-Kurikulum Dievaluasi"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ahr)

Adblock test (Why?)


Sempat Pulih, WA Rektor UNS Jamal Wiwoho Dibajak Lagi! - detikJateng
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...