Rechercher dans ce blog

Sunday, July 2, 2023

Kecerdikan Soekitman Polisi yang Berjasa Ungkap Tragedi 65 Sempat Pura-Pura Mati - Okezone News

SOEKITMAN, meski berpangkat rendah perannya sangat besar dalam peristiwa tragedi Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Sejarah mencatat, Soekitman merupakan sosok yang memandu Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) menemukan lokasi sumur penimbunan para jenderal di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Para jenderal itu dibantai PKI beserta simpatisannya.BACA JUGA:

Dalam buku ‘Kesaksian Sukitman, Penemu Sumur Lubang Buaya’ dikisahkan, bahwa Agen Polisi II itu sedang bertugas bersama rekannya, Agen Polisi II Sutarno, di pos jaga Iskandarsyah, dekat kediaman Brigjen Donald Isaac Pandjaitan.

Brigjen Donald Isaac Pandjaitan merupakan salah satu jenderal yang turut menjadi korban pembunuhan PKI, di malam 30 September 1965.

Soekitman mendengar tembakan dari arah kediaman DI. Pandjaitan di pagi buta 1 Oktober. Ia pun bergegas meninggalkan rekannya yang tetap di pos jaga.

BACA JUGA:

Dengan bersepeda, dirinya mendatang lokasi suara tembakan. Namun, di tengah kayuhan sepeda kumbangnya, Soekitman diberhentikan simpatisan Pemuda Rakyat.

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Adblock test (Why?)


Kecerdikan Soekitman, Polisi yang Berjasa Ungkap Tragedi 65 Sempat Pura-Pura Mati - Okezone News
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...