Rechercher dans ce blog

Wednesday, May 3, 2023

Muhaimin dan AHY Sempat Berbincang Empat Mata, Apa Isinya? - Kompas.com - Nasional Kompas.com


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sempat berbincang empat mata.

Pertemuan itu berlangsung setelah keduanya berbincang bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta sejumlah elite PKB dan Demokrat.

“Tadi kita memang tambah sedikit, karena masih ada hal-hal yang kita ingin diskusikan,” ujar AHY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023).

Baca juga: PKB Buka Kemungkinan Koalisi dengan Demokrat, Muhaimin: Takdir di Tangan Tuhan

Ia mengungkapkan dalam perbincangan itu, Demokrat menemukan beberapa kesamaan dengan PKB. Namun, hal itu tak lantas membuat sikap politik kedua partai politik (parpol) berubah saat ini.

“Tidak ada yang terlalu jauh, terlalu berlebihan untuk dianggap sebagai manuver politik yang begitu menentukan,” ucap AHY.

“Karena sejatinya kita terus berproses, berkomunikasi, menghormati perbedaan, menghormati posisi politik masing-masing,” ungkap dia.

Baca juga: AHY dan Cak Imin Buka Peluang Kerja Sama Demokrat-PKB

Dalam kesempatan yang sama, Muhaimin mengaku sempat ingin mempengaruhi AHY untuk bergabung dalam koalisi besar. Namun, ia lebih memilih mengurungkan niat tersebut.

“Tapi setelah ketemu, ternyata imannya kuat. Karena imannya kuat ya saya harus hati-hati ngomongnya,” tutur dia.

Namun demikian, Muhaimin tak memungkiri bahwa ada upaya saling menggoda untuk bergabung dengan koalisinya masing-masing.

“Namanya koalisi harus saling menggoda, siapa tahu ya. Memperbanyak teman, apalagi saling mengisi,” imbuh dia.

Adapun saat ini PKB telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bersama Partai Gerindra.

Baca juga: Terima Muhaimin di Cikeas, AHY: Rasanya Kita Saling Menggoda

Koalisi tersebut tengah intens menjajaki pembentukan koalisi besar bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diisi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara itu, Demokrat telah sepakat membangun Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ketiga partai ini sepakat untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Sedangkan PDI-P juga telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presidennya. Belakangan, PPP turut memberikan dukungan terhadap Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Adblock test (Why?)


Muhaimin dan AHY Sempat Berbincang Empat Mata, Apa Isinya? - Kompas.com - Nasional Kompas.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...