Rechercher dans ce blog

Thursday, May 18, 2023

Kata Alvin Lie soal Pesawat Anis Komnas HAM Sempat Tak Muncul di Flightradar - detikNews

Jakarta -

Pesawat JT992 rute Makassar-Kendari yang ditumpangi komisioner Komnas HAM Anis Hidayah dan rombongan tiba-tiba naik lagi sesaat hendak mendarat, serta sempat hilang 10 menit dari situs Flightradar24. Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan peristiwa itu merupakan hal yang wajar terjadi.

"Tidak ada yang luar biasa. FR (Flightradar) bukan alat navigasi standar, hanya alat bantu untuk monitor," kata Alvin Lie saat dihubungi, Kamis (18/5/2023).

Menurut Alvin, pilot dapat membatalkan pendaratan karena berbagai hal, seperti kondisi angin yang terlalu kencang atau adanya pesawat lain di runway.

"Data pesawat tidak muncul di FR juga bukan sesuatu yang luar biasa," ucapnya.

Alvin menyebut pergerakan pesawat dapat dipantau melalui pemancar Automatic Dependent Surveillance- Broadcast (ADS-B). Menurutnya, pesawat tidak tampak di Flightradar bukan berarti hilang.

"Menggunakan pemancar ADS-B untuk memantau pergerakan pesawat. Ketika pesawat sedang berada di posisi yang tidak terjangkau stasiun ABSB, pesawat bisa tidak tampak di FR, bukan berarti pesawat tersebut hilang," ujarnya.

Dia mengatakan, jika pesawat itu tidak terjangkau di radar ATC (kontrol lalu lintas udara), patut dipertanyakan. Sebab, kata dia, pesawat hanya dipantau oleh ADS-B.

"Baru heboh jika pesawat tidak muncul di radar ATC/AirNav. Pesawat ini dipantau murni menggunakan sinyal ADS-B. Tidak ada sinyal radar (squawk not available)," imbuhnya.

Sebelumnya, pesawat JT992 rute Makassar-Kendari yang ditumpangi komisioner Komnas HAM Anis Hidayah dan rombongan tiba-tiba naik lagi sesaat hendak mendarat. Anis menyebut driver yang menjemput rombongan Komnas HAM menyebut pesawat tersebut sempat hilang 10 menit dari situs Flightradar24.

Anis menyebut, berdasarkan pengumuman, pesawat JT992 itu mengalami tekanan udara di bagian ekor yang melebihi batas kemudian berputar-putar di udara sekitar 20 menit. Setelah mendarat, para penumpang, kata Anis, saling berbagi cerita tentang kepanikan saat pesawat sempat gagal mendarat.

"Saat sudah mendarat dan kami turun menuju terminal, para penumpang pesawat saling berbagi cerita dan bagaimana paniknya mereka saat-saat pesawat gagal mendarat," kata Anis dalam cuitannya di Twitter, Kamis (18/5). Anis sudah mengizinkan cuitan ini dikutip.

Anis kemudian menceritakan pernyataan driver yang menjemput rombongan mereka di Kendari. Driver itu mengatakan pesawat yang mereka tumpangi sempat hilang dari pantauan Flightradar24.

"Driver yang menjemput kami di Bandara Kendari mengatakan bahwa 'Pesawat yang Ibu tumpangi sempat hilang dari radar selama 10-an menit'," kata Anis.

"Sepasang penumpang suami istri berpegangan tangan sambil berdoa. Saat sudah makin tenang, saya menunggu di terminal kedatangan. Saya hampiri Kapten JT 0992, Kapten Nikson Aris, saya salamin dan sampaikan terima kasih. Sayang, kami tidak sempat berfoto bersama," imbuhnya.

Lihat juga Video 'Penampakan Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Timika':

[Gambas:Video 20detik]

(amw/fas)

Adblock test (Why?)


Kata Alvin Lie soal Pesawat Anis Komnas HAM Sempat Tak Muncul di Flightradar - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...