Rechercher dans ce blog

Saturday, April 1, 2023

Sempat Bikin China Berang, Presiden Taiwan Mendarat di Guatemala - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mendarat di Guatemala, Amerika Tengah, Jumat (31/3) malam waktu setempat setelah sempat menjadi sorotan dunia karena singgah terlebih dahulu di New York, Amerika Serikat, yang dinilai memicu China murka. 

Sebelumnya Tsai sudah mampir New York, AS. Kemudian dalam perjalanan ke Amerika Tengah, sempat beredar kabar Tsai akan bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di California. 

Rencana ini pun menuai reaksi China, dengan pemerintah China memperingatkan dan menyebut AS "bermain api". Namun AS menilai China tidak seharusnya "bereaksi berlebihan" untuk sebuah perjalanan yang terbilang "normal, lancar". Tak ada informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan pertemuan tersebut. 

Sementara itu di Guatemala, Tsai diterima dengan penghormatan militer dan kemudian bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mario Buraco.

Agenda berikutnya, dia berbincang dengan Presiden Guatemala Alejandro Giammattei. Pemerintahan Giammattei pernah menyebut Taiwan sebagai "satu-satunya China yang sejati".

Pada Sabtu, Tsai diagendakan mengunjungi reruntuhan Maya Tikal di bagian utara Guatemala dan dilanjutkan kunjungan ke rumah sakit baru Chimaltenango di barat pada Minggu.

Dari Guatemala, ia akan ke negara sekutu Taiwan lainnya, Belize, dan dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri John Briceno pada Senin.

Sebelumnya, awal bulan ini Honduras, negara tetangga Guatemala, memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan mengakui China. Dengan demikian, secara diplomatik jumlah negara yang mengakui Taiwan sebanyak 13 negara.

Hal ini pun kemungkinan akan diikuti oleh Paraguay. Dalam pemilihan presiden bulan ini, kandidat oposisi Efrain Alegre berjanji untuk mengevaluasi kembali hubungan dengan Taiwan.

Sejak Taiwan dan China berpisah pada 1949, Amerika Latin jadi medan pertempuran diplomatik keduanya. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara telah beralih mengakui China seperti Nikaragua, El Salvador, Panama dan Kosta Rika.

(AFP/vws)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Sempat Bikin China Berang, Presiden Taiwan Mendarat di Guatemala - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...