Rechercher dans ce blog

Tuesday, February 21, 2023

Detik-detik Tim KPK Tangkap Ricky Pagawak, Sempat Dobrak Pagar Rumah - detikNews

Jakarta -

Tersangka kasus korupsi Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditangkap KPK setelah tujuh bulan jadi buron. KPK menjelaskan detik-detik penangkapan Ricky Pagawak.

Penangkapan Ricky Pagawak terjadi pada Minggu (19/2) di Abepura, Jayapura. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penangkapan Ricky bermula dari sosok penghubung Ricky yang ditangkap penyidik.

"Ketika kemudian ada informasi kami peroleh dari orang yang disebut dengan penghubung tadi ya. Dan itu membantu KPK yang menginformasikan dia ada di suatu rumah, di perumahan," kata Ali di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

"Rumahnya tertutup, pagarnya tinggi," tambah Ali.

Ali mengatakan KPK dibantu tim Polda Papua lalu mendatangi rumah persembunyian Ricky Pagawak. Awalnya, tim menggedor-gedor rumah tersebut namun tidak mendapatkan respons.

"Kami gedor-gedor dengan baik-baik, ternyata kemudian tidak ada respons gitu ya. Tapi kami yakin bahwa ada RHP di dalam sehingga kemudian betul ya kemudian kami buka paksa itu, pagarnya. Kami dobrak dan kemudian di dalam ternyata betul ada RHP," ungkap Ricky.

Tim penyidik lalu masuk ke dalam rumah persembunyian Ricky Pagawak. Ali mengatakan Ricky kaget saat rumahnya didatangi penyidik KPK dan aparat kepolisian.

"Saat itu dia sedang duduk dan kemudian kaget ada tim dari KPK masuk. Dan kami serahkan surat penangkapan surat penyidikannya dan administrasi lainnya kemudian dia kooperatif untuk dibawa," ujar Ali.

Konstruksi Kasus Korupsi Ricky Pagawak

KPK telah resmi menahan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak atas dugaan kasus suap. KPK menyebut Ricky telah menikmati uang suap, gratifikasi, hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan total Rp 200 miliar.

"Sejauh ini terkait dugaan suap, gratifikasi, dan TPPU yang dinikmati tersangka RHP sejumlah sekitar Rp 200 miliar dan hal ini terus dilakukan pendalaman serta dikembangkan oleh penyidik KPK," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (20/2).

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

Adblock test (Why?)


Detik-detik Tim KPK Tangkap Ricky Pagawak, Sempat Dobrak Pagar Rumah - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...