JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan pengunjung terjadi di Matahari Department Store, Mal Citraland Tanjung Duren, Jakarta Barat, Minggu (2/5/2021).
Hal ini disebabkan pergelaran bazar oleh pengelola Matahari Department Store sebagai salah satu tenant mal.
Menanggapi insiden tersebut pihak pengelola mal segera melakukan sejumlah pembenahan terkait penegakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Baca juga: Aparat Gabungan Sidak Pusat Perbelanjaan demi Cegah Kerumunan Pemburu Pakaian Diskon di Jakbar
"Sebagai tindak lanjut, kami sudah melakukan koordinasi dan peneguran kepada pihak penyewa tersebut, dan saat itu juga langsung dibuatkan beberapa perbaikan untuk mengantisipasi tidak terulangnya kejadian tersebut," kata Public Relations Mal Citraland Rida Kusrida kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021).
Pembenahan tersebut, kata Rida, termasuk pengaturan layout yang dibuat lebih berjarak, pengecekan suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki area bazar, serta pengaturan pintu masuk dan pintu keluar.
Selain itu, pihak pengelola mal juga melakukan pengadaan signage atau tanda untuk alur pengunjung yang berbelanja, menyiapkan Satgas khusus yang akan memantau keramaian bazar, menyiapkan petugas sekuriti dan briefing kepada penyewa termasuk para SPG dan SPB.
Baca juga: Sidak Pasar Senen, Petugas Temukan Bahan Pangan Mengandung Formalin dan Boraks
Rida menegaskan bahwa pihaknya juga senantiasa mengingatkan penegakkan protokol kesehatan kepada para pengunjung mal, di antaranya adab pemakaian masker, mencuci tangan, mengecek suhu, maupun himbauan jaga jarak.
"Mal Ciputra Jakarta secara konsisten dan terus menerus untuk mengingatkan kepada pengunjung dan para tenant tentang prokes yang berlaku yang sudah dilaksanakan sejak awal peraturan pemeritah diterapkan," kata Rida.
Sebelumya, Satpol PP sempat memberikan teguran tertulis kepada pihak Matahari Department Store.
"Telah ditindaklanjuti dengan memberikan sanksi teguran tertulis kepada pihak manajemen Matahari yang membuat acara bazar di Mal Citraland," kata Kasatpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat dalam sebuah keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (4/5/2021).
Di bazar tersebut, sejumlah pihak turut membuka stand yang menjual berbagai produk. Mereka juga diberikan teguran tertulis oleh Satpol PP.
Sempat Terjadi Kerumunan Pengunjung, Pengelola Mal Citraland Langsung Lakukan Pembenahan - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com
Read More
No comments:
Post a Comment