Rechercher dans ce blog

Sunday, November 5, 2023

Warga Cawang Sempat Kebanjiran 2 Meter: Hujan Pertama Langsung Dikasih Rezeki - detikNews

Jakarta -

Banjir setinggi 2 meter sempat melanda kawasan Cawang, Jakarta Timur. Warga mengatakan banjir pertama kali terjadi setelah musim kemarau.

Salah seorang warga RT 15 RW 3, Jalan Taman Harapan, Cawang, Eka (37), mengatakan banjir 2 meter itu terjadi pukul 03.00 WIB dini hari. Dia mengaku tak sadar saat diinfokan tingginya air di Bendung Katulampa, Bogor, di grup WhatsApp RT.

"Kejadian subuh jam 03.00 WIB kurang lebih banjirnya 2 meter. Saya awalnya lagi tidur, ada info cuma kan info itu masuk jam 22.00 WIB ketinggian air Katulampa," ujar Eka kepada wartawan, Minggu (5/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Eka saat itu sudah tidur. Dia kaget saat air sudah masuk ke rumahnya.

"Kita udah tidur semua, mindahinnya pas air sudah masuk. Makanya semua kasur-kasur tuh kerendem semua," tuturnya.

Eka menyebut lokasi rumahnya memang kerap banjir jika musim hujan. Namun dia bersyukur banjir merupakan rezeki setelah sekian lama kemarau.

"Banjir itu sudah sering, tapi itu pertama kali setelah kemarau kemarin, hujan pertama langsung dikasih rezeki," jelasnya.

Menurut Eka, banjir merupakan kiriman dari Bogor dan Depok. Eka mengaku pasrah jika banjir datang.

"Sebenarnya banjirnya kiriman kalau hujan aja nggak ada kiriman dari Bogor mah nggak banjir, kalau Depok-Bogor nggak hujan. Karena Bogor-Depok hujan ya ke sini, kiriman aja. Ya memang udah begini (banjir berulang kali), mau gimana lagi, emang tinggal di sini," tuturnya.

Eka berharap banjir dapat ditangani dengan sodetan Ciliwung. Namun dia berpesan untuk tidak membuang sampah sembarangan guna mengurangi dampak banjir.

"Ya harapan sih ada ya kalau udah ada sodetan itu ya cuma kan kita nggak bisa melawan alam juga. Mau seberapa pemerintah menanggulangi banjir tapi kan air hujan itu dari alam. Mau menampungnya seberapa banyak kan kita susah juga jadi ya tergantung sekarang nih biar nggak buang sampah sembarangan," tutupnya.

Sebelumnya, hujan mengguyur Jakarta kemarin malam menyebabkan banjir di beberapa wilayah, termasuk wilayah Cawang, Jakarta Timur. Wilayah Cawang, tepatnya di Jalan Taman Harapan, kebanjiran sampai 2 meter.

Pantauan di lokasi, di RT 15 RW 3 Taman Harapan, Cawang, Jaktim, Minggu (5/11/2023, banjir berangsur surut. Sejumlah warga mulai bersih-bersih sisa lumpur.

Berdasarkan informasi dari banjir menyentuh tinggi air 210 cm pada pukul 06.00 WIB pagi tadi. Namun per pukul 14.00 WIB, banjir kini tinggal setinggi 130 cm. Di beberapa titik ada yang sudah 30 cm.

Warga mulai membersihkan rumahnya yang terkena banjir. Air yang tengah diserok tampak penuh dengan lumpur dan sampah plastik.

Per pukul 13.45 WIB, hujan turun kembali turun. Ketinggian banjir kembali meningkat.

Tonton juga Video: Jokowi Sebut Beban Jakarta Sangat Berat: Macet, Banjir, hingga Polusi

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)

Adblock test (Why?)


Warga Cawang Sempat Kebanjiran 2 Meter: Hujan Pertama Langsung Dikasih Rezeki - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...