Rechercher dans ce blog

Wednesday, June 28, 2023

Tentang Muzdalifah Lokasi Jemaah Haji RI Sempat Terlantar - detikNews

Jakarta -

Jemaah Indonesia sempat telantar dari dini hari hingga siang tadi di Muzdalifah karena kemacetan. Muzdalifah merupakan salah satu tempat bagi jemaah haji yang melakukan mabit. Lantas apa sebenarnya Muzdalifah?

Dikutip dari akun Instagram Kemenag, Muzdalifah adalah padang pasir terbuka dikenal juga dengan nama Masy'aril Haram. Kondisi Muzdalifah pada malam 10 Dzulhijjah diwarnai dengan kepadatan lalu lintas yang mengantarkan jemaah haji dari Arafah menuju Muzdalifah.

Seluruh jemaah haji dari Arafah berhenti di Muzdalifah untuk mabit. Jemaah turun dari bus, memasuki lapangan luas yang dibatasi pagar besi.

Tempat mabit berupa padang pasir tanpa atap atau bangunan. Setelah lewat tengah malam, jemaah haji diberangkatkan menuju mina secara bertahap.

Jemaah Haji Sempat Terlantar di Muzdalifah

Sebagian jemaah haji Indonesia telantar di Muzdalifah, dari dini hari hingga siang waktu Arab Saudi. Kondisi jemaah mengkhawatirkan karena kehabisan air dan makanan.

Kondisi jemaah kian mengkhawatirkan karena panasnya suhu di Arab Saudi. Saat ini suhu di sekitaran Masjidil Haram mencapai 42 derajat Celcius. Suhu di Muzdalifah sangat mungkin lebih tinggi lagi.

Sejumlah jemaah ramai-ramai melapor ke Timwas Haji DPR atas kondisi di Muzdalifah. Timwas Haji lalu mengontak sejumlah pihak terkait mendesak penanganan secepatnya bagi jemaah.

Panitia penyelenggaraan haji pun buka suara soal ini. Penyebab jemaah lambat terangkut bus Taraddudi menuju Mina adalah kemacetan.

"Jalur Taraddudi sejak pagi dipadati bus yang antarjemput jemaah. Di tambah banyak juga jemaah yang memilih berjalan kaki. Kondisi ini menghambat pergerakan bus yang akan menjemput jemaah di Muzdalifah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief di Muzdalifah, Rabu (27/6/2023).

Hilman yang juga Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengatakan masalah lainnya adalah jumlah jemaah haji Indonesia adalah yang terbesar. Jumlah jemaah Indonesia yang lebih dari 209 ribu orang membuat pengangkutan lebih lama dibanding Negara lain.

Hilman memastikan kondisi di Muzdalifah sudah tertangani per pukul 13.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Sampai siang ini sudah tidak ada lagi jemaah yang berada di Muzdalifah.

"Kita sekarang siapkan mitigasi potensi penanganan masalah di Mina. Sehingga persoalan di Muzdalifah diharapkan tidak berdampak lebih jauh di Mina," tandasnya.

(rdp/dhn)

Adblock test (Why?)


Tentang Muzdalifah, Lokasi Jemaah Haji RI Sempat Terlantar - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...