Rechercher dans ce blog

Friday, April 28, 2023

Hendak Selamatkan Diri ke KBRI, Khadijah Sempat Ditodong Tentara Sudan - detikNews

Jakarta -

Kurnia Nur Khadijah, salah satu warga Indonesia yang dievakuasi dari Sudan, menceritakan perjuangannya menyelamatkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sudan. Khadijah, sapaan akrabnya, sempat bertemu tentara setempat dan ditodong.

"Mereka sebenarnya tidak nyerang WNA (warga negara asing) dan sipil juga. Selama kita nggak ngapa-ngapain, ya kita aman. Kalau kita harus bertemu mereka, ya kita pasrah saja, 'Kamu mau apa? Angkat tangan!'," cerita Khadijah sambil menirukan kata-kata tentara Sudan yang menodongnya, di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023).

Dia mengatakan tentara Sudan tersebut juga menanyakan sejumlah hal kepadanya. Mereka juga memeriksa dokumen, di antaranya, lanjut Khadijah, dokumen visa hingga pemeriksaan ponsel.

"Nanya paspor, 'Benar nggak kamu WNA?'. Terus ngelihat HP, HP-nya dicek, bener nggak, 'Foto kita-kita apa nggak'," ujar mahasiswi salah satu universitas di Sudan ini.

Khadijah menuturkan banyak WNI yang mengevakuasi secara mandiri dari tempat tinggalnya menuju KBRI. Dia berjalan sembunyi-sembunyi meninggalkan tempat tinggal saat bertemu tentara Sudan.

"Kebanyakan waktu pas kita evakuasi mandiri, rata-rata nembak-nya ke atas, jadi suaranya pas tembak ke atas kedengerannya di mana-mana. Alhamdulillah ya (saya) mindik-mindik, tiarap. Jalan diem-diem. Jadi memang beberapa jam, kayak habis Subuh, sudah agak hening. Kita lihat situasi dan kondisi saja. Bisa evakuasi, kita bisa pindah rumah, ya kita pindah," ungkap Khadijah.

Khadijah mengaku bersyukur dapat pulang tiba di Indonesia. Dia mengatakan keluarganya akan menjemputnya.

Sebelumnya, 385 WNI tiba di Indonesia setelah dievakuasi dari Sudan, yang kini tengah dilanda perang. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan besok dan lusa pemerintah Indonesia juga akan memulangkan para WNI.

"Menurut rencana, pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan 29 April, tiba di Indonesia 30 April. Dan pemulangan tahap ketiga sekaligus menutup seluruh proses evakuasi akan dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara," kata Retno dalam konferensi pers pagi ini.

Simak Video 'Cerita Rahmawati, WNI di Sudan yang Berhasil Pulang ke Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Adblock test (Why?)


Hendak Selamatkan Diri ke KBRI, Khadijah Sempat Ditodong Tentara Sudan - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Sempat Berdinding Kayu dan Tak Layak, Ini 8 Potret Kondisi Terbaru Rumah Melly Lee di Kampung Halaman - Kini … - KapanLagi.com

Sebelumnya kondisi kediaman Melly Lee di kampung halaman banyak mendapat sorotan. Jauh sebelum tenar Melly dan keluarga hanya tinggal di s...